Bawang Putih Tekan Hipertensi

CORBIS.COM

BERMANFAAT: Bawang putih tidak hanya bisa menguatkan rasa masakan, juga mampu mengusir berbagai penyakit mulai dari hipertensi hingga insomnia.

JAKARTA– Di Indonesia, bawang putih biasa digunakan sebagai bumbu masak. Padahal tumbuhan dengan nama Latih allium sativum yang termasuk genus afflum itu memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dari umbi bawang putih per 100 gram mengandung 4,5 gram protein, 0,20 gram lemak, 23,10 gram hidrat arang, 0,22 miligram vitamin B1, 15 miligram vitamin C, 95 kalori, 134 miligram fosfor, 42 miligram zat besi dan 71 gram air.

Di samping itu dari beberapa penelitian umbi bawang putih mengandung zat aktif awcin, awn, enzim alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid.

Bawang putih tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak sampai setinggi 30-75 meter, mempunyai batang semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun. Helaian daunnya mirip pita, berbentuk pipih dan memanjang. Akar bawang putih terdiri dari serabut-serabut kecil yang berjumlah banyak.

Setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah anak bawang (siung) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih. Bawang putih yang semula merupakan tumbuhan daerah dataran tinggi, sekarang di Indonesia, jenis tertentu dibudidayakan di dataran rendah.

Bawang putih juga dikenal dengan beberapa nama seperi Garlic (Inggris), Bawang (Jawa), Bawang Bodas (Sunda), Bawang Handak (Lampung), Kasuna (Bali), Lasuna pute (Bugis), Bhabang pote (Madura); Bawa bodudo (Ternate), Kalfeo foleu (Timor).

Berdasarkan beberapa literatur, bawang putih berfungsi sebagai obat terhadap penyakit. Antara lain hipertensi, asma, batuk, masuk angin, sakit kepala hingga sulit tidur (insomnia) dan lain-lain. Berikut cara penggunaannya:

  • Hipertensi. Ambil 3 siung bawang putih. Kemudian ditumbuk halus dan diperas dengan air secukupnya. Saring. Minum secara teratur setiap hari. Atau, sebanyak 2 siung bawang putih dipanggang dengan api. Lalu dimakan setiap pagi selama 7 hari.
  • Asma, batuk dan masuk angin. Siapkan 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya. Kemudian bawang putih ditumbuk halus, kemudian dicampur bersama bahan lainnya sampai merata dan diperas/disaring. Minum ramuan itu setiap pagi sampai sembuh.
  • Sakit kepala. Ambil bawang putih laluditumbuk halus. Kemudian kompres pada dahi.
  • Sakit kuning, sesak nafas dan busung air. Sediakan satu umbi bawang putih, 1 potong gula batu sebesar telur ayam. Tumbuk halus umbi bawang putih, kemudian rebus bersama gula batu dengan tiga gelas air sampai mendidih. Aduk rata dan saring, minum dua kali sehari sebanyak dua sendok makan.
  • Ambeien. Umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian diperas untuk diambil airnya. Oles di sekitar dubur setiap hari.
  • Luka memar karena tikaman atau pukulan. Ambil bawang putih dan 1 sendok madu. Bawang putih ditumbuk halus, kemudian diberi 1 sendok madu dan dicampur sampai merata. Oleskan pada bagian yang luka.
  • Luka kena benda tajam berkarat. Umbi bawang putih dibakar kemudian celupkan ke dalam minyak kelapa, lalu ditumbuh halus. Oleskan pada bagian yang luka.
  • Mengusir cacing kremi dan cacing perut. Ambil beberapa siung bawang putih, dikupas dan dicuci bersih kemudian langsung dimakan.

Sulit tidur (insomnia). Ambil beberapa siung bawang putih. Kupas dan cuci bersih. Makan langsung setiap saat sebelum tidur. (berbagai sumber/ri)

sumber: Republika Newsroom

Pos ini dipublikasikan di Iptek, Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s