Hati-hati, Rasa Bosan Bisa Perpendek Umur

Wanita Lebih Berpontensi Alami Bosan

LONDON–Rasa bosan merupakan reaksi wajar dari setiap pribadi. Tapi tahukah Anda, rasa bosan berdampak buruk bagi kesehatan. Riset terbaru yang dirilis Jurnal Epidemiology menyebutkan rasa bosan memperpendek umur seseorang.

Disebutkan pula dalam riset, seseorang yang selalu merasa bosan mudah terjebak pada kebiasaan negatif seperti merokok, mengonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang, dan efek paling buruk dari gagalnya seseorang mengatasi rasa bosan adalah individu berisiko besar mengalami gangguan psikologis.

“Rasa bosan umumnya menghinggapi para perempuan. Hal itu yang kemudian sebagaian dari perempuan terkena penyakit jantung dan berumur lebih pendek ketimbang perempuan yang jarang dihingapi rasa bosan,” tulis peneliti seperti dikutip dari Healthday, Kamis (12/2)

Kesimpulan itu merupakan hasil analisa para peneliti terhadap 7.000 sukarelawan berusia 35 hingga 55 tahun pada rentang tahun 1985 dan 1988. Saat itu, para peneliti menanyakan seberapa sering sukarelawan merasa bosan dalam setiap bulannya.

“Kami begitu menyakini bahwa sukarelawan yang dihinggapi rasa bosan beresiko berumur pendek. Bagaimanapun juga, sudah dapat dipastikan  rasa bosan bertalian dengan  resiko lain,” tegas peneliti.

sumber: Republika.co.id

Pos ini dipublikasikan di Iptek, Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s