Makan Bersama Keluarga Perbaiki Mental Anak

Jam-jam makan bersama keluarga memegang peranan penting untuk membantu anak-anak mengetahui kebiasaan makan, di samping   mempererat pertalian dengan orangtua

Hidayatullah.com–Olahraga, les musik, dan kerja lembur, merupakan faktor-faktor yang sering menjadi penyebab  makan malam bersama keluarga terlewatkan. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa makan malam bersama keluarga dapat memperbaiki kesehatan gizi maupun mental anak. Mungkin keluarga Anda harus mempertimbangkan bagaimana caranya agar makan bersama keluarga dapat dihidupkan lagi.

Menurut CASA (Centre of Addiction and Substance Abuse), secara konsisten hasil riset telah menunjukkan bahwa semakin sering para remaja makan bersama keluarganya, sekitar 5 kali seminggu, maka akan semakin kecil kemungkinan mereka untuk merokok, minum minuman keras atau mengkonsumsi obat-obat terlarang.

Studi juga menunjukkan bahwa para remaja sangat mendambakan memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga, di mana lebih dari seperempatnya sangat mendambakan dapat lebih sering makan bersama keluarga.

Makan malam bersama keluarga juga banyak tersita oleh waktu untuk menonton televisi. Para periset dari Baylor College of Medicine mengatakan bahwa dalam survei selama seminggu itu mereka menemukan, lebih dari 42% makan malam remaja di daerah Houston dilakukan sambil menonton TV di rumah.

“Penemuan ini sungguh mengenaskan, karena makanan keluarga adalah penting bagi anak-anak, baik dari segi nutrisi maupun perkembangan,” kata Dr.Karen Cullen, ahli nutrisi di USDA/ARS Children’s Nutrition Research Center seperti yang dilaporkan di kidnutrition.org

“Percakapan orangtua di meja makan dapat membantu anak-anak untuk memahami keluarga mereka,” kata Cullen. “Percakapan positif keluarga selama di meja makan juga dapat  membangun rasa percaya diri serta menjalin hubungan positif antara anak dan orangtua sehingga saat topik yang keras muncul, mereka dapat melewatinya.”

Jam-jam makan bersama keluarga memegang peranan penting untuk membantu anak-anak mengetahui kebiasaan-kebiasaan makan yang baik, juga mempererat pertalian dengan orangtua. Membuat daftar menu seminggu adalah strategi yang baik untuk mengembalikan kebiasaan makan malam bersama keluarga. Hal ini bukan saja menghemat waktu tidak perlu belanja, juga menghemat pengeluaran Anda dalam budget makanan.

Menurut Leanne Ely, seora ng konsultan nutrisi yang menyediakan tips dan teknik di situsnya (http://www.savingdinner.com), “Hal sederhana saja, misalnya membuat daftar stok barang dalam lemari es, ini akan membantu Anda menghindari harus ke toko pada detik-detik terakhir karena harus membeli ini dan itu… Keluarga Anda dapat makan makanan yang lebih sehat dan Anda tidak perlu stres akibat setiap hari harus memikirkan apa yang akan dimasak.”

Keluarga yang sibuk dapat mempertimbangkan untuk berlangganan online melalui daftar menu mingguan yang ada di Web Ely, yang menyediakan resep, tips berbelanja, dan informasi nutrisi.

Makan malam bersama memberi dampak yang paling besar pada anak-anak. Jadi sangatlah berharga untuk dapat menyediakan kembali waktu bersantap malam bersama keluarga. Paling sedikit makan malam bersama keluarga harus dilakukan tiga kali dalam seminggu.

Melihat pentingnya makan malam bersama keluarga dan kuatnya pengaruh orangtua dalam menghindari penyalahgunaan obat-obatan terlarang oleh para remaja, maka setiap keluarga harus dapat mengenalnya dan bekerja untuk mengatasi rintangan dan memasukkan makan malam bersama keluarga ke dalam jadwal mereka.

[tet/www.hidayatullah.com]

Pos ini dipublikasikan di Iptek, Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s