Jangan Sepelekan Manfaat Mimpi

Mimpi sering disebut sebagai bunga tidur. Adapula yang meyakini, mimpi merefleksikan kejadian di masa depan. Lantas apa sebenarnya impilkasi mimpi terhadap kehidupan nyata manusia?

Peneliti dari Fakultas Kedokteran, Universitas Havard, percaya tidur dan bermimpi usai belajar sesuatu akan membantu otak untuk beradaptasikan kemampuan berpikir sesuai dengan bidang yang dipelajari.  Mereka mengungkapkan jika seseorang belajar atau bekerja keras lalu tidur mereka akan 10 kali lebih baik ketimbang mereka terjaga.

Sebelumnya, peneliti melibatkan 99 relawan yang diminta duduk didepan komputer dan diwajibkan mempelajari aplikasi tiga dimensi. Adapun tujuan riset adalah untuk mengetahui cara manusia belajar dan beradaptasi dengan pengetahuan barunya. Mereka diizinkan untuk tidur siang dan kemudian bermimpi tentang tugas yang diberikan.

Peneliti mencatat, mereka yang tidur memiliki kemampuan 10 kali lebih baik daripada yang tidak tidur atau mereka yang tidak mimpi. Hasil riset menduga tidur saat bekerja atau bermimpi merupakan jalan untuk memperoleh kemampuan yang lebih baik.

Pemimpin riset, Professor Robert Stickgold,  Harvard Medical School berpendapat riset yang dilakukan pihaknya benar-benar menarik, setelah 100 tahun perdebatan tanpa henti tentang fungsi dari mimpi. Riset ini menunjukan kepada kita bahwa mimpi merupakan bagian dari aktivitas otak yang terintegrasi dan coba memahami informasi baru yang masuk.

“Mimpi merupakan indikator bahwa ketika tidur otak terus bekerja dalam berbagai level termasuk hal terkait meningkatkan kemampuan,” ujarnya.

Faktanya, kata dia, riset akan menjadi tujuan utama yang mengarahkan pada evolusi pengetahuan tentang mimpi. ” Jika Anda terjaga saat melakukan hal lebih buruk pada tugas berikutnya. Memori Anda benar-benar meluruh, tidak peduli berapa banyak Anda mungkin berpikir tentang cara yang ada, ” terangnya.

Stigold berpendapat, bukan mimpi yang membuat pikiran menjadi lebih baik tetapi bagian dari otak yang bekerja keras untuk mengingat cara yang harus dilakukan kemudian dijabarkan pada mimpi yang lalu berujung pada perbaikan kemampuan.

“Otak kita bekerja pada hal-hal yang dianggap paling penting. Setiap hari, kita mengumpulkan dan hadapi jumlah besar informasi dan pengalaman baru.,” tukas peneliti lain, Erin Warnsley.

“Tampaknya dalam mimpi kita mengajukan pertanyaan, bagaimana cara menggunakan informasi ini untuk menginformasikan hidup saya?,” tambahnya.

Prof Stickgold menambahkan, masih ada cara untuk mengambil keuntungan dari fenomena ini untuk meningkatkan pembelajaran dan memori. Sebagai contoh, mungkin akan lebih baik untuk mempelajari dengan keras sebelum Anda pergi tidur dari pada sore hari, atau untuk tidur siang setelah masa studi secara riset.

“Beberapa telah melihat mimpi sebagai hiburan, tetapi riset ini menunjukkan hal itu adalah produk sampingan dari pengolahan memori,” pungkasnya.

Sumber: republika.co.id

Pos ini dipublikasikan di Iptek, Kesehatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Jangan Sepelekan Manfaat Mimpi

  1. ryan blues berkata:

    wah fotonya kok perempuan gak tertutup…hihihi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s