Tertawa Punya Efek Sama dengan Olahraga

Tertawa berulang, menurut  studi  mempunyai efek yang sama dengan olahraga terhadap tubuh

Hidayatullah.com–Tidak punya waktu untuk berolahraga? Paling tidak cobalah meluangkan waktu untuk tertawa. Tertawa berulang, menurut sebuah studi dari Loma Linda University’s Schools of Allied Health (SAHP) and Medicine, mempunyai efek yang sama dengan olahraga terhadap tubuh.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa tertawa tidak hanya menguatkan mood positif, tetapi juga menurunkan hormon stres, meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan tekanan darah. Efek ini sama dengan efek aktivitas fisik tingkat sedang.

Dalam studi ini, peneliti memperlihatkan serangkaian video lucu dan video yang menjengkelkan kepada partisipan. Tepat sebelum dan sesudah melihat masing-masing video, peneliti mengambil sampel darah partisipan dan mengukur tekanan darah mereka.

Hasil tes menunjukkan, video lucu mengubah tekanan darah, kadar hormon, dan endorfin sama seperti efek olahraga tingkat sedang.

Dr. Lee S. Berk, spesialis perawatan pencegahan dan peneliti psikoneuroimunologi dari Loma Linda University, telah mengerjakan studi-studi terkait tawa selama hampir 30 tahun.

“Kita akhirnya mulai menyadari bahwa perilaku dan emosi kita sehari-hari mengatur tubuh kita dengan berbagai cara,” tutur Berk, seperti dikutip situs foxnews.com, Jumat (23/4). [mi/hidayatullah.com]

Pos ini dipublikasikan di Iptek, Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s