Warga Desa Hidup Lebih Lama

Ingin hidup lebih lama? Tinggalkan kota, dan cobalah pindah ke daerah pedesaan

Hidayatullah.com–Penduduk desa, menurut sebuah studi dari Badan Statistik Nasional Inggris (Office for National Statistics), dua tahun hidup lebih lama dibandingkan warga yang hidup di daerah perkotaan.

Meskipun Anda miskin dan hidup di daerah pedesaan, menurut studi ini, Anda cenderung hidup lebih lama dibandingkan warga kota dengan penghasilan lebih besar. Temuan ini mendukung bukti lama bahwa angka harapan hidup tertinggi dipegang oleh warga di area pedesaan yang lebih makmur.

Selain itu, kehidupan di pedesaan cenderung bertahan lebih lama dibandingkan kehidupan di daerah pinggiran kota.

Secara umum, lelaki yang hidup di pedesaan cenderung hidup antara 78 dan 79 tahun. Sedang angka harapan hidup lelaki di perkotaan hanya mencapai 76. Perempuan di perkotaan rata-rata bertahan hingga 81, tapi di pedesaan perempuan hidup hingga antara 82 dan 83 tahun.

Apa penyebabnya? Udara bersih, ruangan terbuka lebar yang bisa digunakan untuk berolahraga dan gaya hidup yang lebih sehat, merupakan faktor di belakang lebih tingginya angka harapan hidup di pedesaan.

“Ketersediaan udara bersih, lingkungan hijau dan kesempatan berolahraga di ruang terbuka diyakini mempunyai pengaruh kuat terhadap kesehatan,” terang peneliti, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Kamis (27/5). Selain itu, menurut laporan tersebut, area pedesaan jarang mengalami kekurangan. [mi/ant/hidayatullah.com]

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s