Segarnya Susu Coklat, Pulihkan Otot yang Penat

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON–Susu coklat memiliki manfaat lebih baik untuk proses pemulihan setelah latihan fisik yang berat, dibandingkan minuman olahraga lain. Demikian disebutkan sebuah penelitian.

Dalam empat studi yang dilakukan secara berurutan, peneliti mengungkap, susu coklat dapat memperbaiki dan membangun kembali otot-otot, jauh lebih efektif dibandingkan minuman karbohidrat yang didesain khusus.

Hasil penelitian itu kemudian dipresentasikan oleh James Madison University ke hadapan konferensi American College of Sports Medicine di Seattle, AS.

Para peneliti meyakini, minum susu coklat rendah lemak setelah latihan fisik yang berat sekaligus untuk menyiapkan otot-otot agar berfungsi lebih baik pada pertandingan selanjutnya untuk para atlit.

Manfaat dari kombinasi karbohidrat dan protein yang tersedia dalam susu coklat sangat sesuai bagi pemulihan.

Penelitian juga mengungkap, susu coklat yang memiliki perbandingan sesuai dari karbohidrat dan protein dapat menambah tenaga bagi otot yang lelah dan protein dalam susu dapat membantu otot yang ideal.

Susu juga menyediakan cairan untuk rehidrasi dan elektrolit, termasuk potasium, kalsium dan magnesium yang hilang karena latihan fisik, termasuk untuk olahraga rekreasi atau atlet profesional setelah aktivitas yang berat.

Pos ini dipublikasikan di Iptek, Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s